Kamis, 30 Mei 2013

GENGGES

Gue adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang lagi sibuk – sibuknya ngerjain skripsi. Dari mulai nyari buku referensi teori dan apa segala macem, belom lagi harus uber – uber dosen pembimbing, sampai harus bolak – balik nge-print revisian dari dosen pembimbing.
Gue juga bukan tipe pekerja skripsi yang suka ngerjain skripsi di perpustakaan atau rumah. Jangankan ngerjain skripsi, ngerjain kerjaan kantor waktu jaman ngantor aja gue gak suka ngerjain di rumah. Gue lebih milih untuk ngerjain di tempat yang jadi public area, kaya kantor, convience store, cafe, restoran, atau apapun yang ada pemandangannya. Ya seenggaknya tempat yang enak dan cozy, bisa melihat ke sudut arah pemandangan yang berbeda – beda. Misalnya kaya ngeliat jalanan, suasana yang gak monoton, atau bisa cuci mata dengan melihat pengunjung yang beraneka ragam. Intinya sih tempat – tempat yang bisa memberikan inspirasi mendadak.
Dari kebiasaan gue yang seperti itu, gue sering mendapatkan cobaan dari Yang Maha Kuasa, yaitu selalu aja ketemu sekelompok orang atau genk yang mengganggu banget. Mereka tuh ya kalo ngomong teriak – teriak, omongan mereka juga selalu bikin gue dan temen senasib gue ngerasa risih dan terganggu.
Gue berpandangan mereka merasa tempat yang notabene adalah area publik itu adalah tempat umum yang semua orang berhak menikmati zona kenyamanan tersendiri, dan bukannya rumah mereka. Mereka mungkin merasa ini tempat gue dan gue berhak ngapa – ngapain karena gak ada yang melarang. Padahal tanpa mereka sadari ada juga orang – orang yang ada di tempat tersebut lagi meeting, ngerjain kerjaan kantor, ngerjain tugas kuliah/sekolah, atau ngerjain skripsi kaya gue.
Perbincangan yang selalu diselisipi oleh teriakan – teriakan atas respond gak penting juga sering kali keluar dari appear group itu, “Aahh, tuh cowok ganteng banget!” salah satu respond gak penting yang mereka teriaki tanpa embel – embel malu ketika melihat cowok ganteng yang baru datang.
Belum lagi salah satu diantara mereka sering curhat masalah pribadi ke teman – temannya sambil teriak – teriak. Mereka kaya gak mikir itu kan masalah pribadi ya, kalo sampai ada orang lain yang tahu apa mereka gak mikir akan cibiran –cibiran yang akan timbul? Atau minimal apa mereka gak malu kalo orang – orang akan tahu dan akan mikir yang enggak – enggak mengenai dia?
Gengges banget deh pokoknya. “Gengges” yang gue maksud adalah “ganggu”. Tentu lah yaa kata “ganggu” itu pas banget untuk kita (pengunjung lainnya) yang lagi ada disana untuk ngerjain tugas, proposal project, atau lagi ngerjain kerjaan yang notabene memerlukan pikiran dan inspirasi serius.
Emang sih gak ada tulisan dilarang untuk gak berisik, tapi kan yaa seenggaknya mereka mikir kalau disitu gak Cuma mereka aja yang ada disana. Gak semua orang kesana untuk senang – senang kaya mereka, dan gak semua orang yang disana Cuma sekedar untuk cerita – cerita sama teman. Disana juga ada lho yang lagi ngerjain kerjaan, merenung, cari suasana baru, dan mungkin untuk cari inspirasi, dan itu membutuhkan suatu suasana yang cukup nyaman.
Okay, dan sekarang dengan keberadaan tim “gengges” menginspirasi gue untuk membuat tulisan ini. Setidaknya gue patut mengucapkan terimakasih untuk mereka yang berisik dan bikin beberapa pengunjung lainnya terganggu, sampai gue berhenti ngerjain skripsi gue karrena mood gue ambruk seketika mendengar percakapan mereka yang awkward dan melihat tingkah laku mereka yang bener – bener bisa dikatakan freak itu.
Ada yang pernah senasib?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar