Senin, 18 Februari 2013

Apakah Kita Tahu dan Menghargai

Indonesia negeri yang kaya. Sepatutnya kita mengetahui dan menghargai statement itu sebagai generasi penerus bangsa.

Ditengah berbagai masalah yang dihadapi negara ini. korupsi, nepotisme, kolusi, kemiskinan, konflik antar suku dan agama, dan berbagai masalah yang mendera negeri yang memberikan kita berbagai kenikmatan duniawi.

Tapi apakah kita mengetahui kelebihan-kelebihan Indonesia di mata dunia. Kali ini gue coba untuk share beberapa kelebihan Indonesia yang gue ketahui:
1. Pengexpor Bulu Mata Palsu terbesar di Dunia
Mungkin diantara kita akan berpikir pada negara Cina apabila berbicara mengenai ekspor-mengekspor make-up. Tapi tidak semua alat rias kecantikkan di dominasi oleh Cina. Bulu mata Palsu menjadi primadona alat rias kecantikkan untuk ekspor dari Indonesia.
Pusat produksi Bulu mata palsu di Indonesia terletak di Purbalingga, Jawa Tengah. Disana bulu mata palsu dibuat dalam konsep “home industry”. Hampir di setiap rumah memiliki usaha yang sama, yaitu pabrik bulu mata palsu.
Bulu mata palsu yang di produksi tersebut juga memiliki kualitas-kualitas yang berbeda-beda. Kualitas A, biasanya bulu mata kualitas ini yang akan di ekspor keluar berbagai negara di dunia.
Bulu mata kualitas A tersebut konon katanya setelah di expor akan ditempel dan diakui sebagai milik brand kosmetik ternama dunia. Dari hasil export bulu mata tersebut menurut Detik.com beberapa hari lalu, Indonesia dapat maraup keuntungan sampai 1 Triliun/tahun.

2. Kain Tenun Khas Nusatenggara primadona Brand Rumah Mode Dunia
Kain tenun khas Indonesia memang memiliki keindahan dan keunikkan tersendiri. Ini adalah bukti bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya akan budaya dan hasil kerajinan.
Berbagai brand rumah mode dunia pun melirik kain khas Indonesia ini, beberapa diantaranya adalah Gucci, Versace, dan Dior. Mereka tertarik menggunakan bahan baku dari Indonesia untuk gaun untuk wanita dan kemeja untuk laki-laki. Alasan pemilihan bahan baku khas Indonesia dipilih karena kualitasnya yang bagus dan harganya yang dapat dibilang lebih murah daripada bahan-bahan dari Eropa.
Sampai sekarang pun Gucci tetap membutuhkan Ekspor kain tenun Nusatenggara untuk bebebagai gaun malam mereka.

3. Kulit Domba kualitas nomer 3 terbaik di Dunia
Garut, merupakan Kapubaten di Jawa Barat yang saat ini tengah menjadi kontroversi kasus politik. Namun, dibalik kontroversi tersebut, Garut memiliki kekayaan sumber daya khas yang sangat dapat membantu perekonomian di Indonesia.
Kulit domba yang biasa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan tas, jacket, dan beberapa aksesoris lainnya, dihasilkan oleh Garut.
Domba-domba yang diternakkan di Garut memiliki ke-khas-an dengan kualitas kulit domba yang dapat dibilang memiliki kualitas terbaik di Indonesia, dan terbaik nomer tiga di dunia.
Beberapa Brand Rumah mode Dunia yang ternama dari Eropa sampai sekarang masih menggunakan bahan baku kulit domba dari Garut, terutama untuk bahan baku tas dan jacket yang berharga puluhan juta rupiah tersebut.

Nah bagaimana kita sekarang dalam menyikapi berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar